Kelinci

CARA MEMILIH PET RABBIT

FOR BEGINNER

Sebaiknya pilih kelinci yang berusia 3 bulan ke atas (berukuran tubuh lumayan besar, bukan kecil dan imut seperti biasa kita liat di petshop) – biasanya pet shop selalu mengaku kalau kelincinya berusia 2-3 bulan. Harap jangan dipercaya, karena biasanya kelinci umur 2-3 bulan ukurannya tidak seperti kepalan tangan orang dewasa, umumnya 2x lipat. Kecuali jenis dwarf.

Liat lubang kotorannya, jika ada bekas-bekas mencret, jangan dipilih.

Liat juga makanan di petshopnya, kelinci tersebut diberi pakan apa. Kalau pakannya kulit jagung, kangkung. Lebih baik jangan ambil resiko. Kecuali anda sudah expert dan terbiasa menghadapi penyakit mencret kelinci.

Perhatikan anak-anak kelinci tersebut, liat yang paling aktif..
Lihat juga yang duduk sendirian… dia bisa sakit atau juga terlalu pemalu.

Buka kandang (sebagian induk, akan menjadi marah jika kita mendekati anak2 mereka) dan lihat yang mendekati kamu.

Periksa yang bermata cerah dan berbulu sehat.
Bulu tersebut tidak harus bersinar, tapi tebal dan kuat. JIka bulunya terlalu jarang dan tipis, mungkin anak kelinci tersebut terserang parasit, atau kalah mendapatkan susu dari induknya..

Periksa gigi kelinci, gigi yang baik adalah yang menutup seperti gigi manusia, atas menutupi bawah..

raba seluruh tubuhnya dengan tangan kamu dan periksa bekas luka, yang mungkin bisa karena perkelahian sesama anak kelinci atau karena gigitan kutu.
Luka di telinga tidaklah terlalu serius jika tidak mengeluarkan darah. Luka pada telinga sembuh lebih cepat ketimbang luka di tubuh.

CARA PEMELIHARAAN DAN PENANGANAN RABBIT

1. Kelinci jangan terlalu over exposed dengan matahari atau sebaliknya jangan kehujanan. (atau lembab parah)
mereka paling baik hidup dalam suhu yang sejuk cenderung dingin (kecuali baby rabbit). Kelinci yang ditaruh dalam cuaca dan kondisi yang terlalu panas bisa menyebabkan heat stroke dan menjadi tidak produktive, cenderung terserang penyakit.

2. Jangan pernah letakan kandang kelinci di tempat yang terkena angin langsung, karena dapat menyebabkan kembung yang berujung mencret dan kematian. Kalau dipelihara outdoor, usahakan rabbit punya tempat berlindung dari hujan dan angin.

3. Berikan pellet secukupnya dua kali sehari dan selalu sediakan air minum. Selain pellet, kelinci butuh sayuran segar dan buah2an plus hay untuk kecukupan gizinya. tidak semua buah dan sayur baik untuk kelinci, beberapa diantaranya mematikan. Infonya silahkan dilihat di thread ini

4. Ajak keluar biar bermain dan lompat2 sedikitnya setengah jam setiap hari. Hal ini untuk melatih otot kelinci dan mencegah obesitas. Sama seperti manusia, kelinci butuh olahraga. Kecuali kandang yang disediakan untuk kelinci cukup luas untuk mereka berlari2an.

5. Untuk kelinci yang berbulu panjang selalu bersihkan dan gunting bagian bulu yang menjadi gimbal terkena kotoran dan kencingnya.
sediakan waktu untuk menyisirnya, untuk mencegah gimbal semakin parah (kalau parah harus dicukur). Kelinci yang rapih dan bersih tentu akan lebih baik bagi si rabbit maupun owner.

6. Jika kandangnya beralas kawat, sediakan sepetak keramik (bagian yang tidak licin menghadap atas) biar kelinci kamu bisa istirahat. Bila kelinci kakinya terlalu diexpose di kawat, dapat menyebabkan kaki kelinci luka.

7. Kelinci bisa dipelihara sendirian atau berkelompok.
jika dialam bebas kelinci bisa juga berkelompok, namun jika dalam kandang usahakan satu kandang satu kelinci, karena kelinci umumnya bersifat territorial. Jangan pernah menyatukan 2 kelinci jantan dalam 1 kandang. Karena bisa mengakibatkan perkelahian yang berujung kematian atau luka parah. (mostly)
Kelinci bila dipeliharan sendirian cenderung akan lebih penurut dan dekat dengan manusia. Namun nantinya akan agak sulit dikenalkan dengan kelinci lainnya.

8. Bersihkan kandangnya 2-3 hari sekali, karena kelinci bisa pusing dan sakit bila bau pee sudah sangat menyengat. nafsu makan akan menurun, dan beberapa kelinci jadi uring-uringan.

9. Berikan mereka mainan gigi-gigitan untuk mencegah giginya tumbuh tak terkendali.

10. Pemberian treat/camilan diperbolehkan, asal jangan diberikan yang manis2 terlalu banyak, karena dapat mengakibatkan masalah pencernaan. camilan paling sehat adalah apel.

11. Jangan pernah berikan makanan manusia, seperti coklat wafer, permen, susu, dll. Walaupun rabbitnya doyan dan meminta. Mungkin ada beberapa kelinci kuat dan tidak masalah. Tapi itu tetap berbahaya bagi pencernaan dan kesehatan mereka. Salah satu efek negative yang paling kecil adalah kerontokan bulu. Seperti memperlakukan anak balita, kita sebagai orang tua lebih tau apa yang boleh dan tidak.

12. JANGAN PERNAH angkat kelincimu dengan menarik ke 2 telinganya or seperti angkat doggy di perut.
Selipkan tanganmu di antara kaki depan dan belakang (dadanya), lalu satu tangan lagi serok pantatnya.

13. Untuk kelinci kecil, jangan terlalu sering diangkat, hindari anak2 kecil yang berniat menggendong2 mereka dengan cara sendiri. Perlu diingat, kelinci bukan mainan, bukan juga boneka. awasi saat mereka bermain dengan kelinci. Bukan berarti kita membela kelinci dibanding kesenangan anak, tapi kita mencari jalan terbaik buat si kelinci dan juga anak kita.

Jenis-jenis Kelinci

tipe kecil(small) 0.9kg-2.7kg

i. Netherland dwarf(09kg-1.2kg)

tubuh nya yg kecil dan kompak, leher nya yang pendek serta kuping yang kecil dan pendek dengan panjang max 5cm.bentuk kepala juga besar namun ideal dengan proporsi badan.

ii. Jersey Wooly(1.5kg-2kg)

Tidak beda jauh dengan Netherland dwarf. memiliki tubuh kecil dan kompak. perbedaan nya adalah bulu di badan lebih panjang dan seperti wool. Panjang bulunya 5cm-6cm

iii. Britanian petit(1kg-1.5kg)

memiliki badan yang kecil serta ramping dengan kaki depan panjang dan tegang namun melengkung. Kuping berdiri dengan tegak dan rapat saat di pose.

iv Holland lop(1.4kg-max 2kg)

Holland lop di ciptakan oleh adrian de cock. persilangan dari French lop dengan netherland dwarf. Tubuhnya yang kecil dan kompak.. memiliki kaki yang pendek serta kepala yang bulat.kuping turun dengan rapat dan panjang kuping ideal adalah tidak lebih dari 2.5cm dari dagu

v. dutch(2kg-2.5kg)

dutch adalah kelinci yg memiliki pola warna yg unik.memiliki marking warna yang seperti sabuk.. kelinci ini adalah tipe kecil, memiliki gen yang dominan serta sifatnya yang jinak.kelinci dutch adalah pengasuh anak yang baik.
Dutch mempunyai warna asli Hitam-Putih. namun pada perkembangannya ada banyak warna seperti Kuning-Putih, Cokelat-Putih, Biru-putih dan Abu-abu-Putih

vi. American Fuzzy Lop(1.4kg-2kg)

American Fuzzy Lop(AFL) hampir mirip dengan Holland Lop.. dan ada yg mengira AFL adalah silangan Holland lop dengan Angora.. padahal AFL keluar dari HOlland lop .. ya.. ternyata AFL adalah gen resesif dari american Fuzzy lop dan akhirnya dikembangkan oleh Patty Greene-Karl dan Gary Fellers

vii Himalayan(1.2kg-2kg)
asalnya dari pegunungan himalayan. dan menyebar ke daerah, rusia dan dataran tinggi himalaya. memiliki tubuh panjang dan yang membuatnya unik adalah point di kuping, ke empat kakinya dan ekor.
yang unik nya warna seal itu tergantung oleh suhu.. semakin diungin suhu maka point itu akan semakin pekat warnanya

http://www.gopetsamerica.com/small-a…it-breeds.aspx

tipe Medium

i. English angora(2.5kg-3.6kg)

kelinci ini memiliku bulu yang lebat dan banyak sampai ke kuping-kuping nya..
sifat nya yang jinak dan lembut. English angora yang bagus bulunya mengembang dengan tekstur yang kuat dan tidak mudah putus. Bulunya pun padat. Bulunya di Kaki Juga membentuk seakan memakai sepatu.
perhatikan di Kuping juga memiliki bulu yang tebal panjang bulu angora 6cm-7.5cm
link:http://www.bumblebeeacres.com/EnglishAngoraRabbits.htm
http://bettychuenglishangora.com/

ii Rex (3.4kg-4.7kg)

Rex adalah kelinci yang memiliki bulu seperti karpet dengan tekstur bulu yang padat dan lembut . panjang bulu rex 1.3cm-2.2cm. badan nya padat dan kompak serta memiliki gelambir di bawah dagu. kepala jantan yang besar dan biasanya betina memiliki badan yang lebih besar dari jantan. bahkan di luar negeri rex betina mencapai 4.7kg

iii french angora(7.5pound-10.pound)

French angora memiliki body yg bulat dan panjang. kuping tegak.. beda dengan english angora.. pada bagian wajah tidak memiliki bulu.. dan di bagian kuping hanya memiliki bulu yang tipis. banyak warna yang ada di french angora.

iv california(4kg-5.5kg)

california ada hasil silangan antara chincila, himalayan dan newzealand.
memiliki tubuh yang panjang dan kuping yang tegak.. corak yang ada pada kuping, hidung, ke empat kakinya dan ekor.. sama dengan himalayan.. yang membedakan adalah besar badannya.

v. french lop(>4.5kg)

adalah jenis lop terbesar diantara jenis lop. berasal dari perancis. dengan tubuh bilat gempal dan besar. terdiri dari warna solid, charlie dan broken

tipe large

i. Flemish Giant(6kg-14.5kg)

flemish giant adalah tipe kelinci besar dengan standard nya diatas 6bln harus 6kg.. memiliki tubuh panjang dan pada bagian pinggul bulat.. kuping panjang 16cm atau lebih)
Flemish Giant hanya memiliki warna solid atau warna tunggal. tidak ada warna charlie atau totol

~ oleh iqbalzamroni pada Agustus 10, 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: